ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN EPS TERHADAP HARGA SAHAM BANK KATEGORI BUKU 4 (PERIODE 2013-2017)

Selamet Riyadi, Arditya Farid Setyawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan dan EPS terhadap harga saham pada 5 bank yang termasuk kategori buku 4 yang terdapat di Bursa Efek Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2013-2017 sejumlah sampel hanya 5. Metode pengambilan sampel adalah Purposive Sampling.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan software Eviews 10.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan dan Earning Per Share memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham kecuali Return On Equity karena berpengaruh tidak signifikan

Berdasarkan uji t dapat disimpulkan bahwa nilai capital adequacy ratio, non performing loan dan earning per share berpengaruh signifikan dan return on equity tidak berpengaruh signifikan. Kemampuan nilai capital adequacy ratio, non performing loan, return on equity dan earning per share dalam menjelaskan harga saham perusahaan bank kategori buku 4 di Bursa Efek Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan periode 2013-2017 dalam penelitian ini sebesar 93,19% sedangkan sisanya 6,81% dipengaruhi variabel lain di luar dari penelitian ini.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.